Manual Tautan Peta Situs S&K
Slidebars Logo
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
      • Informasi Umum
      • Visi dan Misi
      • Struktur Organisasi
      • Tugas, Fungsi, dan Kewenangan
      • Pengolahan Data
      • Sejarah
      • Arti Logo
      • Profil Singkat Pejabat
    • Layanan
    • Rencana Strategis BPS
    • Ringkasan Laporan Layanan Informasi
    • Peraturan
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
    • ARC Publikasi BPS
    • ARC BRS
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Tentang PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Keuangan
      • Tentang BPS
      • Perjanjian Kinerja BPS Provinsi Bengkulu
      • Indikator Kinerja Utama
      • Laporan Kinerja Instansi Pemerintah BPS Provinsi Bengkulu
      • Pengadaan Barang dan Jasa
      • Kegiatan
      • Ringkasan Laporan Layanan Informasi
      • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Unduh
      • Berita Resmi Statistik
      • Layanan
      • Rencana Strategis BPS
      • Publikasi Digital
      • Publikasi Online
      • Peraturan
      • Buletin Bingkai Rafflesia
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
    • Informasi Terbuka
      Serta Merta
DATA SENSUS
Beranda » Setiap Saat » Layanan

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Lingkungan Hidup

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Potensi Desa

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Industri

Inflasi

Input output

ITB-ITK

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Nilai Tukar Petani

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto (Kabupaten/Kota)

Produk Domestik Regional Bruto (Lapangan Usaha)

Produk Domestik Regional Bruto (Pengeluaran)

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan

Media Sosial
Facebook Instagram
Twitter Youtube
RSS FEEDS
Berita Resmi Statistik
Publikasi


Layanan

  • Pelayanan Statistik Terpadu
  • Standar Pelayanan
  • Jenis Layanan
  • Moto
  • Sarana Prasarana Pelayanan
  • Pelayanan Berkebutuhan Khusus
  • Survei Kepuasan Masyarakat
  • Penghargaan
  • Pengaduan

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  • Pelayanan Statistik Terpadu, mencakup perpustakaan tercetak dan digital, konsultasi statistik dan penjualan publikasi, data mikro dan/atau peta digital wilayah kerja statistik;
  • Pelayanan Statistik Terpadu Online, mencakup perpustakaan tercetak dan digital dan konsultasi statistik;
  • Pelayanan Rekomendasi Statistik.

Adapun Standar, Tata Cara dan Prosedur Pelayanan serta Maklumat Pelayanan BPS Provinsi Bengkulu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala BPS Provinsi Bengkulu Nomor 6H Tahun 2021 yang dapat diunduh di sini

Untuk SOP layanan dapat dilihat di sini

 

Untuk menjamin pelayanan prima kepada pengguna layanan BPS Provinsi Bengkulu,  maka Petugas Pelayanan di BPS Provinsi Bengkulu wajib melaksanakan Standard Operating Procedure (SOP) sebagai berikut: 

  1. SOP Pelayanan Statistik Terpadu
  2. SOP Pelayanan Statistik Terpadu Online
  3. SOP Rekomendasi Statistik

Ruang Pelayanan Statistik Terpadu (PST)

Ruang Tunggu

Resepsionis

Layar Informasi

Tempat Parkir

Mushola

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)

Dasar hukum : PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Pelaksanaan Kegiatan : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan :

1. Tahunan
2. Setiap Saat melalui Aplikasi Penilaian Layanan PST Online

Pelaksana Kegiatan : Fungsi DLS

Hasil SKD Provinsi Bengkulu 2020 dapat di unduh di sini 

Hasil SKD Provinsi Bengkulu 2021 dapat di unduh di sini 

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

  • Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di lantai 1 depan Pintu PST
  • Link : s.bps.go.id/lapordonk
  • Website : https://www.lapor.go.id/
  • SMS : PPID BPS Provinsi Bengkulu (0813-6759-471)

Form Pengaduan dapat diunduh di sini

Jika terdapat hal-hal yang ingin ditanyakan dapat disampaikan melalui email ke pst1700@bps.go.id || Telah tersedia publikasi dalam bentuk digital yang dapat diakses disini || Layanan Kunjungan Langsung pada PST BPS Provinsi Bengkulu telah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat || Publikasi Provinsi Bengkulu Dalam Angka 2022 sudah tersedia dan dapat diakses disini

Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu (BPS-Statistics of Bengkulu Province)

Jl. Adam Malik Km.8 Bengkulu, 38225, Telp (62-736) 349117-118, Faks (62-736) 349115, Mailbox : bengkulu@bps.go.id

Untuk tampilan terbaik Anda dapat gunakan berbagai jenis browser kecuali IE, Mozilla Firefox 3-, and Safari 3.2- dengan lebar minimum browser beresolusi 275 pixel.

Hak Cipta © 2022 Badan Pusat Statistik

Semua Hak Dilindungi

  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
    • Layanan
    • Rencana Strategis BPS
    • Ringkasan Laporan Layanan Informasi
    • Peraturan
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Tentang PPID
      • Profil
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Keuangan
      • Tentang BPS
      • Perjanjian Kinerja BPS Provinsi Bengkulu
      • Indikator Kinerja Utama
      • Laporan Kinerja Instansi Pemerintah BPS Provinsi Bengkulu
      • Pengadaan Barang dan Jasa
      • Kegiatan
      • Ringkasan Laporan Layanan Informasi
      • Daftar Informasi Publik
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Unduh
      • Berita Resmi Statistik
      • Layanan
      • Rencana Strategis BPS
      • Publikasi Digital
      • Publikasi Online
      • Peraturan
      • Buletin Bingkai Rafflesia
    • Informasi Terbuka
      Serta Merta
      • Informasi Terbuka Serta Merta
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
      • Informasi Tertentu Dikecualikan
  • Tautan
    • Indikator Strategis
    • Galeri Infografis
    • Tabel Dinamis
    • Istilah
    • Katalog Datamikro
    • Metadata
    • Reformasi Birokrasi
    • Master File Desa
    • SPK Online
    • Pengaduan
    • LPSE
    • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
    • Pusat Pendidikan dan Latihan BPS
  • Hak Cipta © Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Lingkungan Hidup

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Potensi Desa

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Industri

Inflasi

Input output

ITB-ITK

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Nilai Tukar Petani

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto (Kabupaten/Kota)

Produk Domestik Regional Bruto (Lapangan Usaha)

Produk Domestik Regional Bruto (Pengeluaran)

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan